RSS

Burung Beo Saudi Dianjarkan Untuk Bisa Melantunkan Ayat Al-Quran

02 Aug

Sebuah tren baru yang terjadi di Arab Saudi saat ini dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar, burung Beo sekarang diajarkan untuk membaca Al-Quran dan melakukan gerakan mirip shalat.

“Pengajaran burung beo membaca Al-Quran bukanlah hal yang baru, hal ini akan kembali ke delapan tahun yang lalu ketika orang-orang mulai mengajar beo bernyanyi, dan kemudian ada kecenderungan untuk mengajar burung ‘cerdas’ tersebut dengan membaca Al-Quran,” kata Abdul Rahman al-Arwan, salah satu pelatih amatir burung beo.

“Sekarang ketika masyarakat tahu bahwa ada seseorang yang memiliki burung Beo, pertanyaan pertama kepada pemilik beo adalah apakah burungnya tersebut telah menghafalkan beberapa ayat dari Al-Qur’an, jika jawabannya tidak, mereka akan menjawab bahwa burung beo itu tidak akan mendapati harga yang tinggi, “tambah al-Arwan.

Jika Beo menghafal ayat dari Al-Qur’an dengan kejelasan dan bening, rentang harga burung itu akan menjadi sekitar 12-13.000 Riyals, dan jika burung bisa menghafal surat Al-Quran dalam memorinya, harganya akan naik sampai 20 ribuan riyal, namun harga bisa naik menjadi lebih tinggi jika burung Beo tersebut dapat membaca Surat dan melakukan praktek seperti orang shalat, dan mengucapkan “Labyak Alahuma Labayk”, kata Al-Arwan.

Ayat adalah divisi terpendek dari teks Al-Quran ke dalam frase atau kalimat, sementara Surat adalah pembagian teks Al-Quran ke dalam bab atau bagian, terpisah dari sebelumnya dan mengikuti teks.

“Burung beo tidak serta merta bisa dengan cepat menghafal, untuk pengajarannya bertahap setiap hari saya mengajar untuk menghafal satu ayat, dan seterusnya untuk hari-hari berikutnya, sampai menghafal seluruh surat.

Pada kali pertama saya mengajar Beo dengan membandingkan dengan balasan saya, saya bisa bertanya kepada Beo itu “Man Robbuka” (Siapa Tuhanmu), untuk mengajarinya agar mengatakan Allah, dan saya ulangi pertanyaan itu berkali-kali, atau Beo bertanya kepada saya dengan pertanyaan yang sama dan saya menjawab “Allah”, tambahnya.

Burung Beo tua dan beo muda memiliki kemampuan yang berbeda dan mencolok dalam belajar. Burung-burung muda dapat mulai dengan kata-kata sederhana seperti “Halo” atau “Baba” (bahasa Arab untuk Ayah), sedangkan burung tua dapat mulai dengan Ayat dan kalimat panjang.

Juga, waktu terbaik untuk mengajarkan kosakata kepada burung yang cerdas ini dan mengajarkannya adalah pagi hari, pada saat burung tersebut dalam kondisi fit dan kewaspadaan, jelaskan al-Arwan, sambil menambahkan bahwa burung Beo sangat setia dan sensitif.

“Burung beo itu tahu pemiliknya, bahkan jika pemiliknya pindah rumah, dan jika burung Beo diberitahu oleh pemiliknya untuk tidak berbicara kepada satu orang tertentu, burung itu akan mengikutinya. Burung juga dapat berhenti berbicara jika makanannya berubah, ” katanya.

Harga tertinggi yang dibayarkan untuk burung beo sejauh ini adalah 40.000 Riyals Saudi atau sekitar 10.600 dolar AS.(fq/aby)

 
Leave a comment

Posted by on 2 August 2010 in Tadabbur

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: